Grafitti Stensil Dengan Photoshop

Pasti Anda sering melihat gambar-gambar karakter yang dibentuk menggunakan cat semprot di dinding-dinding jalanan. Gambar tersebut dibuat memakai satu warna, dan dibentuk dengan cara menyemprot cat kaleng ke stensil atau cetakan kertas.

Cetakan kertas itu dibuat dengan cara dilubangi untuk membentuk pola gambar. Gambar-gambar Che Guevara, dan tokoh-tokoh perlawanan biasanya sering dibuat dengan cara ini. Nah, wajah Anda pun bisa dikreasikan menjadi karya seperti ini. Tak perlu repot membuat stensil atau membeli cat kaleng, cukup dengan Photoshop versi apa saja. Lalu Anda bisa menempelkannya ke foto tembok sehingga seakan-akan dicat di tembok. Hasilnya, bisa dibuat sebagai poster di kamar.

Begini caranya:

1. Buka foto yang hendak diubah. Pastikan latar belakang obyek foto sudah tidak ada. Jika masih ada, Anda bisa membuangnya dengan [Eraser Tool]. Selanjutnya, ubah foto menjadi monokrom dengan mengklik [Image] > [Adjustment] > [Desaturate].

2. Bentuklah foto agar terlihat kaku tampilannya untuk mengesankan cetakan stensil. Gunakan [Filter] > [Artistic] > [Cutout…]. Pada jendela filter yang muncul, atur ketiga slider di sisi kanan untuk membentuk obyek agar tampilannya menjadi lebih simpel, namun tetap dikenali. klik [OK].

3. Klik [Image] > [Adjustment] > [Levels..]. Pada boks dialog Level, geser slider putih di “Input Levels” ke arah tengah secara perlahan, sambil juga menggeser slider abu-abu ke arah kanan. Tentukan sampai titik mana gambar membentuk outline dari bentuk dan bayangan obyek. Anda bisa menggeser slider hitam ke kanan untuk memperpekat gambar. Klik [OK].

4. Anda bisa memperbaiki gambar. Misalnya, jika ada noda-noda hitam di area putih, Anda bisa menghapusnya dengan [Eraser Tool]. Jika ada lubang-lubang putih di area hitam, Anda bisa tutup dengan memulas [Brush Tool] berwarna hitam ke area tersebut. Tak perlu terlalu rapi, karena stensil biasanya juga tidak kompleks bentuknya, asal obyek tetap bisa dikenali.

5. Tekan [Ctrl] + [A], lalu [Ctrl] + [C] untuk meng-copy gambar. Selanjutnya, buka foto tembok yang hendak digambar grafiti stensil. Pilihlah yang bersih dan terlihat sedikit teksturnya. Tekan [Ctrl] + [V] untuk memunculkan foto.

6. Jika terlalu besar, Anda bisa mengubahnya dengan menekan [Ctrl] + [T], lalu tarik sudut-sudutnya hingga mengecil. Anda pun bisa merotasinya, dengan mengklik-putar sudut gambar. Jika sudah, tekan [Enter]. Agar menyatu dengan tembok, ubah blending mode layer gambar menjadi [Multiply] di panel “Layers”.

7. Agar gambar terlihat nyata bak hasil semprotan, beri efek cat yang meleleh dari cat semprot dengan [Brush Tool] memakai kuas jenis “Hard Round” dari menu “Brush” di toolbar atas. Jika ingin ada kesan sisa semprot, Anda bisa menggunakan kuas jenis “Soft Round” yang dipulaskan sedikit saja.

8. Haluskan beberapa bagian cat agar muncul kesan agar tak seluruh gambar disemprot dengan keras. Ini untuk menambah kesan nyata. Caranya, gunakan [Blur Tool], lalu gunakan kuas jenis “Soft Round”, lalu pulaskan ke sejumlah bagian gambar. Selanjutnya, turunkan opacity layer, yang ada di panel “Layers”, menjadi sekitar 80-90%.

9. Jika hendak mengubah warna cat semprot dari gambar, klik [Image] > [Adjustment] > [Hue & Saturation…]. Klik [Colorize]. Lalu atur “Hue” untuk memilih warna” dan “Saturation” untuk kepekatan warna. Atur nilai “Lightness” ke angka +50. Klik [OK]. Gabungkan gambar dnegan mengklik [Layer] > [Flatten Image], lalu simpan gambar dan cetaklah untuk dijadikan poster.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: