Mata Setan

Sekarang saya akan memberitahukan kepada anda bagaimana cara membuat manipulasi foto seperti foto di atas. Pada intinya dalam kasus ini saya akan menggunakan 2 tehnik penting dalam photoshop di antaranya tehnik masking dan blending yang sudah saya sertakan tutorialnya masing2 di tutorial dasar photoshop. Oke, sekarang kita mulai saja.
1. misalkan saya mempunyai sebuah foto yang saya download di internet seperti foto di atas. Foto itulah yang saya  akan jadikan bahan di tutorial kali ini, dan saya membukanya foto itu dalam photoshop(ctrl+O).
2. Saya harus merubah warna foto itu menjadi hitam-putih. Saya menggunakan tehnik Gradient Map(Menu Image>Adjusments>Gradient Map). Tapi itu hanya salah satu cara saja untuk mengubah foto menjadi hitam putih.

3. Langkah selanjutnya saya menggabungkan semua layer(ctrl+shift+E) sehingga semua layer akan di gabungkan menjadi 1. Setelah layer di gabungkan, saya menduplikatkannya layer tersebut(ctrl+J) agar menjadi 2 layer. Layer terpilih adalah layer teratas atau layer 1. Dan saya lakukan perubahan mode  blendingnya menjadi overlay. Sehingga fotonya tampak seperti berikut.
4. Naikan intensitas pencahayaannya dengan curves(ctrl+M). Dan setelah itu saya lakukan lagi penggabungan layer(ctrl+shift+E). 5. Langkah terakhir saya akan mewarnai rambut, bibir, dan bagian matanya. Semuanya saya lakukan dengan tehnik blending dan dengan menyapukan brush ke bagian yang akan di warnai. Perhatikan, saya akan  mewarnai bibirnya dengan menggunakan brush yang bersisi lembut, dan pastikan dulu pada set foreground color, warna apa yang akan di pilih, disini saya memakai warna merah untuk mewarnai bibirnya, dan buatlah layer baru terlebih dulu di atas layer foto. Pastikan layer baru masih dalam keadaan terpilih. Ubah mode blendingnya menjadi soft light. Dan sapukan brush ke bagian bibirnya. Saya mengurangi opacitynya agar lebih terasa penyatuan warnanya. Lakukan dengan tehnik yang sama untuk mewarnai rambut dan bagian matanya.
6. Hasil ahir adalah seperti berikut…

Tinggalkan Balasan

