Pengenalan CLI ( Command Line Interface )

Command Line Interface (CLI) – berbasis teks, yang jika melakukan perintah harus dengan mengetikan perintah. Linux dapat dikendalikan oleh satu atau lebih interface baris perintah CLI (command line interface) berbasis teks, user interface grafis GUI (graphical user interface, yang umumnya merupakan konfigurasi bawaan untuk versi desktop). Contoh antarmuka grafis (GUI) yang digunakan pada Linux :
1.X-Window System (bukan X-Windows) dengan pilihan tampilan yang bervariasi (dinamis), misalnya fvwm, olvwm, twm, afterstep, kde, enlightenment, windowmaker, gnome, mlvwm.
2.Produk KDE (K Desktop Environment) adalah KDE adalah sebuah aplikasi desktop environment untuk sistem operasi berbasis UNIX (termasuk Linux, FreeBSD, NetBSD dan lain-lainnya). Fungsinya adalah untuk mengurangi penggunaan command line yang mungkin terlalu rumit bagi pengguna yang awam di sistem operasi berbasis UNIX tersebut, sehingga pengoperasiannya semudah mengoperasikan desktop pada lingkungan Windows maupun MacOS. Pada saat tulisan ini dibuat versi KDE yang paling baru adalah KDE 3.1.4 (rilis), sedangkan untuk versi pengembangan adalah KDE 3.2 Beta 22. Pada saat ini, hampir semua distribusi besar Linux (misalnya Redhat, SuSe dan Debian) menyertakan KDE sebagai desktop environment-nya.
3.GNOME adalah desktop default yang sangat user friendly pada sistem operasi linux. Mungkin saja Anda pernah mengalami kejadian eror pada desktop Gnome yang Anda gunakan. Pada umumnya sering kita lihat kebanyakan orang melakukan restart sistem untuk mengembalikan desktop gnome pada saat terjadi eror, sebenarnya hal itu bisa kita atasi dengan mudah tanpa harus melakukan restart sistem, ingin tahu caranya?
Lakukan 3 cara alternatif berikut ini jika terjadi eror pada desktop Gnome pada linux yang sering digunakan:
1.Tekan tombol kombinasi Ctrl-Alt Backspace
2.Masuk pada terminal / console dan ketikkan : sudo /etc/init.d/gdm restart
3.Masuk pada terminal lalu ketikkan perintah : killall gnome-panel

Contoh antarmuka yang bersifat CLI yang digunakan pada Linux adalah Shell. Shell menjadi jembatan antara pemakai dan sistem. Shell bertindak sebagai penerjemah perintah yang sangat bermanfaat bagi pemakai. Kemampuan shell mencakup dua hal yaitu:
1.Modus Interaktif, pemakai dapat memberikan perintah kemudian shell akan mengerjakan perintah yang diberikan.
2.Modus Pemrograman, pemakai dapat menyusun suatu program yang berupa sejumlah perintah yang disebut skrip shell.

One response to this post.

  1. Posted by zainal on 25 April 2011 at 11:40 am

    maannntabbb gannnn nuhunnnnn…..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: