Archive for the ‘desain grafis’ Category

Efek Soft Tone Pada Foto

Saya sebenernya gak terlalu bisa nge-Tone.. hehehe.. tapi saya tadi coba-coba.. dan hasilnya lumayan Unik dan sop Soft.

Saya pernah liat ada fotografer yang hasil editannya kayak gini juga.

Gampang banget kok caranya.. pemula aja pasti bisa.. kecuali yang pemula banget.. yang pegang komputer aja baru sekali.. hehehe.. tapi gak mungkin deng.. yang baca ini kan lagi buka Ilmuphotoshop, berarti udah pegang komputer puluhan bahkan ratusan kali kan ? ;)

Pertamax buka foto yang akan diedit.. usahakan foto nya yang outdoor yah..kalo agak gelap fotonya di terangin dulu aja pake Image > adjustment > brightness/contrass

Lagi-lagi saya pake foto adik saya..  abis cuman keluarga aja yang jadi objek foto saya.. kecuali ada yang dengan sukarela mau difoto hehehe.. ada yang mau ?

syaratnya fotogenik, suara bagus, bisa nyanyi.. yee.. ini teh mau kontes Indonesian Idol apa mau difoto ? hihihi..

soft tone 1

Sekarang Tekan CTRL + J untuk menduplikat layer background

soft tone 2

Klik Channel Palette ( kita maen-maen channel )

Pilih channel Green.. tekan CTRL + A ( select all) dan CTRL + C untuk copy yang terseleksi

soft tone 3

Klik Channel Blue dan tekan CTRL + V untuk paste channel green tadi

soft tone 4

sekarang klik channel RGB .. gambar sudah berubah kan ?

soft tone 5

Kita kembali ke Layer dengan menekan Layer palette

soft tone 6

hasilnya :

soft tone 7

Klik New Adjustment yang letaknya dibawah jendela layer palette > pilih Selective Kolor Color

soft tone 8

Setting seperti ini yah :

soft tone 9

soft tone 10

soft tone 11

soft tone 12

soft tone 13

Ubah opacity dan fill menjadi masing-masing 50%

soft tone 14

Sekarang kita add New Adjustment lagi.. Klik New Adjustment > Channel Mixer

soft tone 15

Setting seperti gambar dibawah :

soft tone 16

soft tone 17

soft tone 18

gampang kan ? Nih hasilnya gan…

soft tone effect

Silahkan test angka-angka nya.. pasti bisa dapet tone yang lebih keren lagi..

Selamat Mencoba..

Belajar Mewarnai Dengan Gradien Map

Mewarnai atau mengganti warna dari sebuah foto emang asik.. dan banyak sekali teknik yang digunakan untuk mewarnai sebuah foto.. salah satu nya dengan gradient map..

Buka file foto yang mau diedit.. saya pake foto cewek yang mirip sama istri saya yang lagi pose di deket rumah yang mirip rumah adat Jepang.. hehehe.. (ngikutin trend mirip – padahal itu emang istri saya beneran. :p)

Klik new fill or adjustment layer > pilih Black and White untuk merubah foto jadi hitam putih..

kenapa hitam putih doang kok pake tool add new fill ? itu nanti buat perbandingan hasil nya.. baiknya pake efek hitam putih apa enggak.. nanti deh diliat yah..

Klik lagi add new fill or adjustment layer lalu pilih Gradient Map

Klik gradient picker .. nanti muncul windows baru berjudul gradient editor..

Untuk mengubah warna gradient .. klik color stop sebelah kiri.. grus ganti warna nya.. – petunjuk ada di gambar

Ganti warna untuk color stop sebelah kanan..caranya sama dengan diatas..

Sekarang buat gradient stop yang baru di tengah-tengah..

klik bagian bawah gradient slider nya..trus warnain seperti cara di atas..

hasil gradient mapping

Klik Ok..

Ubah Layer effect menjadi Soft Light

Hasilnya :

Sekarang matiin layer black and white nya.. kita coba tanpa black and white..

dan hasilnya :

terserah mau pilih yang mana.. yang jelas keduanya memiliki warna yang berbeda dengan gambar asli nya..

selamat mencoba .. have fun!

Grafitti Stensil Dengan Photoshop

Pasti Anda sering melihat gambar-gambar karakter yang dibentuk menggunakan cat semprot di dinding-dinding jalanan. Gambar tersebut dibuat memakai satu warna, dan dibentuk dengan cara menyemprot cat kaleng ke stensil atau cetakan kertas.

Cetakan kertas itu dibuat dengan cara dilubangi untuk membentuk pola gambar. Gambar-gambar Che Guevara, dan tokoh-tokoh perlawanan biasanya sering dibuat dengan cara ini. Nah, wajah Anda pun bisa dikreasikan menjadi karya seperti ini. Tak perlu repot membuat stensil atau membeli cat kaleng, cukup dengan Photoshop versi apa saja. Lalu Anda bisa menempelkannya ke foto tembok sehingga seakan-akan dicat di tembok. Hasilnya, bisa dibuat sebagai poster di kamar.

Begini caranya:

1. Buka foto yang hendak diubah. Pastikan latar belakang obyek foto sudah tidak ada. Jika masih ada, Anda bisa membuangnya dengan [Eraser Tool]. Selanjutnya, ubah foto menjadi monokrom dengan mengklik [Image] > [Adjustment] > [Desaturate].

2. Bentuklah foto agar terlihat kaku tampilannya untuk mengesankan cetakan stensil. Gunakan [Filter] > [Artistic] > [Cutout…]. Pada jendela filter yang muncul, atur ketiga slider di sisi kanan untuk membentuk obyek agar tampilannya menjadi lebih simpel, namun tetap dikenali. klik [OK].

3. Klik [Image] > [Adjustment] > [Levels..]. Pada boks dialog Level, geser slider putih di “Input Levels” ke arah tengah secara perlahan, sambil juga menggeser slider abu-abu ke arah kanan. Tentukan sampai titik mana gambar membentuk outline dari bentuk dan bayangan obyek. Anda bisa menggeser slider hitam ke kanan untuk memperpekat gambar. Klik [OK].

4. Anda bisa memperbaiki gambar. Misalnya, jika ada noda-noda hitam di area putih, Anda bisa menghapusnya dengan [Eraser Tool]. Jika ada lubang-lubang putih di area hitam, Anda bisa tutup dengan memulas [Brush Tool] berwarna hitam ke area tersebut. Tak perlu terlalu rapi, karena stensil biasanya juga tidak kompleks bentuknya, asal obyek tetap bisa dikenali.

5. Tekan [Ctrl] + [A], lalu [Ctrl] + [C] untuk meng-copy gambar. Selanjutnya, buka foto tembok yang hendak digambar grafiti stensil. Pilihlah yang bersih dan terlihat sedikit teksturnya. Tekan [Ctrl] + [V] untuk memunculkan foto.

6. Jika terlalu besar, Anda bisa mengubahnya dengan menekan [Ctrl] + [T], lalu tarik sudut-sudutnya hingga mengecil. Anda pun bisa merotasinya, dengan mengklik-putar sudut gambar. Jika sudah, tekan [Enter]. Agar menyatu dengan tembok, ubah blending mode layer gambar menjadi [Multiply] di panel “Layers”.

7. Agar gambar terlihat nyata bak hasil semprotan, beri efek cat yang meleleh dari cat semprot dengan [Brush Tool] memakai kuas jenis “Hard Round” dari menu “Brush” di toolbar atas. Jika ingin ada kesan sisa semprot, Anda bisa menggunakan kuas jenis “Soft Round” yang dipulaskan sedikit saja.

8. Haluskan beberapa bagian cat agar muncul kesan agar tak seluruh gambar disemprot dengan keras. Ini untuk menambah kesan nyata. Caranya, gunakan [Blur Tool], lalu gunakan kuas jenis “Soft Round”, lalu pulaskan ke sejumlah bagian gambar. Selanjutnya, turunkan opacity layer, yang ada di panel “Layers”, menjadi sekitar 80-90%.

9. Jika hendak mengubah warna cat semprot dari gambar, klik [Image] > [Adjustment] > [Hue & Saturation…]. Klik [Colorize]. Lalu atur “Hue” untuk memilih warna” dan “Saturation” untuk kepekatan warna. Atur nilai “Lightness” ke angka +50. Klik [OK]. Gabungkan gambar dnegan mengklik [Layer] > [Flatten Image], lalu simpan gambar dan cetaklah untuk dijadikan poster.

Membuat Efek Avatar

Photoshop tutorial : Foto Choki Sitohang dengan Efek Avatar

Hari ini tanggal 09 -03- 2010 bertepatan dengan hari jadi perkawinan saya ke 7…. gak terasa udah lama juga ternyata bersama mantan pacar saya… mungkin karena terlalu bahagia .. hehe.. nanti malem mau romantic dinner ahh.. jangan pada ngiri ya.. :p ..

Kembali ke postingan .. sekarang saya mau posting efek film Avatar di Foto Choki Sitohang si Presenter Take Me Out dan Happy Song itu loh.. seperti biasa Sebelumnya saya minta maaf dulu ke Bang Choki Sitohang karena fotonya dipake buat belajar.. gak apa-apa kan bang.? Meski fotonya dibikin efek Avatar.. tapi bang Choki tetep ganteng kok.. 🙂 .. buset cowo ngerayu cowo.. apa kata dunia?? hehehe..

gak kok .. ini sekedar permintaan izin aja, jangan sampe nanti ada masalah di kemudian hari.. bener gak ? kan gak lucu nanti tiba-tiba Choki Sitohang nuntut saya gara-gara fotonya dibikin Avatar.. terus tiba-tiba saya muncul di Infotainment.. beuh.. gak kebayang deh.. :p.

Tapi efek ini sekedar efek enhancement aja.. gak ngerubah bentuk foto asli nya.. seperti telinga di lebarin, hidung di gedein.. gak sama sekali…

Buka foto choki sitohang yang saya dapet dari google image..

avatar1

kalo mau image ukuran asli nya klik gambar dibawah nanti save..

choki sitohang

kalo udah dibuka foto nya tekan CTRL + SHIFT + U supaya warna nya jadi hitam putih.. atau desaturate.. atau klik image> adjustment > desaturate

avatar1-2

buat layer baru ( klik layer > new > layer ) dan warnai dengan warna Biru ( kode warna ada di gambar ) .. anggap foto di layer background udah hitam putih.. tadi saya kelewat hehehe..

avatar2

ubah layer effect nya menjadi color dan opacity jadi 50%

avatar3

sekarang gabungkan kedua layer tersebut dalam satu layer baru dengan menekan CTRL + SHIFT + ALT + E.. ubah mode layer menjadi color burn

avatar4

Klik Image> adjustment > exposure

avatar5

duplikat layer 2 dengan menekan CTRL + J .. lalu beri efek Blur.. Klik filter > blur > gaussian blur

avatar6

buat layer baru ( klik layer > new > layer ) , warnai dengan warna hitam , Layer Mode jadi Soft light dan opacity sekitar 75%

avatar7

Duplikat lagi layer 3 dengan menekan CTRL + J .. ubah layer Mode menjadi Normal dan opacity jadi 90%.

avatar8

Klik Add vector mask untuk masking daerah yang diperlukan dalam hal ini daerah muka.

avatar9

klik brush tool .. klik kanan di gambar lalu setting brush nya

avatar10

warnai daerah muka dan leher di Vector mask yang tadi dibuat.

avatar11

Sekarang kita buat highlight di daerah muka dan leher .. Buat layer baru .. gunakan brush tool lagi.. warna foreground putih.. kecilin ukuran brush nya.. ( kira- kira aja ya ).. brush seperti contoh dibawah.

avatar12

klik Filter > blur > gaussian blur

avatar13

ubah layer mode menjadi soft light.

avatar14

Klik add New Fill or Adjustment layer dibawah Layer palette. lalu setting seperti gambar

avatar15

Cukup sudah settingan muka nya nya..

Sekarang kita lalukan pencerahan dan pewarnaan di daerah mata..

Duplikat layer Background ( foto Choki Sitohang tadi ) .. pindahkan layer duplikatan tadi ke paling atas..

avatar16

Klik Layer > Layer mask > HIDE ALL

Warnai bagian bola mata dengan warna putih.

avatar17

sekarang duplikat layer background copy .. klik kanan > duplikat layer

Klik Image > Adjustment > Hue/saturation

avatar19

warna jadi Ijo kan mata nya.. sekarang hapus yang putih nya aja.. klik di layer mask.. lalu warnai dengan warna hitam.. ( putihnya saja)

avatar20

sekarang kita buat titik-titik di bagian jidat, hidung dan pipi..

buat layer baru.. gunakan brush tool ukuran kecil .. warna putih .. klik di setiap bagian yang mau di kasih bintik.

avatar21

Klik kanan layer 6 > blending option supaya keliatan glowing..

avatar22

opacity nya ubah jadi sekitar 75%

sekarang buat huruf AVATAR dengan menggunakan huruf Lithos Pro.. mungkin udah pada ada di windows masing-masing

avatar23

klik kanan> blending option layer huruf nya..

avatar24

Hasilnya :

avatar25

Perbandingan dengan choki sitohang yang asli

choki avatar

Selamat mencoba..

Artikel Photoshop tutorial : Foto Choki Sitohang dengan Efek Avatar ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Cara Membuat Foto manjadi Vektor,

Membuat Efek Urban

Saya pake adobe photoshop CS3.. dan kebanyakan tutorial photoshop ilmuphotoshop.com menggunanan Photoshop CS3..

Kemaren ada yang nanya, photoshop bisa dipake buat bikin efek urban seperti di Corel Draw atau Adobe Illustrator ga ? saya bilang bisa…. padahal waktu itu yang namanya efek urban saya blom tau kayak gimana.. hehehe.. sok tau ya.. tapi biarin aja.. toh dari foto menjadi gambar vektor aja bisa dibuat pake photoshop kok ( Ini link nya )… padahal bagusnya gambar vektor itu dibikin pake Adobe Illustrator atau Corel Draw .

Setelah saya search di google… jadi tau deh efek urban wujudnya kayak gimana… hmm .. gak update yaa saya…efek urban aja gak tau hehehe.. maklum lah pekerja kantoran mah susah bagi waktu buat update informasi.. halah.. facebook-an aja bisa ? nah lo.. :p

Ya udah.. sekarang kita coba buat yang namanya efek urban..

Di efek ini kita butuh bantuan Brush yang berbentuk Bunga, daun dan swirl.

Download dulu Brush nya >> Klik disini <<.

Cara Installnya :

Setelah di download.. extract file brush.rar pake WinRar. kalo blom ada winrar, Download winrar disini.

setelah di extract file Swirls_And_Flowers_Brushes.abr .. copy ke c://program files/adobe/photoshop/preset/brush/

Klik 2x file tersebut.. nanti kebuka photoshop nya kan ? nah brush nya sudah terinstall.. Congratulation!! 🙂

Sekarang buka dokumen baru .. kalo mau dijadiin wallpaper pake ukuran standard wallpaper aja 1024 px x 768 px

urban effect 1

klik gradient tool, buat radial gradient (warna terserah aja ya.. mau sama juga gpp kok.. gak dilarang )

urban effect 2

ini nanti fungsi nya sebagai background.

sekarang buka gambar yang mau dijadiin korban nya..

Saya pake gambar sepupu saya yang masih kecil ..

Seleksi objek dengan pen tool .. settingannya ada di bawah nih.. santai aja yaa nyeleksi nya.. biar nanti jadinya bagus.

urban effect 3

Kalo udah beres terseleksi , klik kanan > make selection

urban effect 4

kalo udah terseleksi, Drag gambar yang udah terseleksi ke dokumen baru yang dikasih warna gradient hijau. otomatis akan terbentuk layer baru (gambar objek yang tlah terseleksi)

di layer gambar : Klik Filter >artistic > Cutout ( settingan nya terserah yaa.. karena tergantung besar kecilnya gambar juga )

urban effect 5

klik Ctrl + J untuk menduplikat layer gambar.

urban effect 6

Klik 2x layer hasil duplikat tadi untuk menampilkan blending options , atau klik kanan > blending options

setting color overlay nya

urban effect 7

jangan dulu di OK ya.. sekarang lanjutin ke Outer glow

urban effect 8

Eits.. jangan dulu di OK.. setting juga stroke nya

urban effect 9

hasil sementara :

urban effect9a

buat layer baru di atas layer background .. klik layer > new > layer ..

urban effect 10

gunakan paint bucket tool untuk mewarnai layer baru tadi dengan warna putih.

urban effect 11

matiin kedua layer objek atau layer gambar .. dengan mengklik icon mata di pinggir layer.

Gunakan brush tool (softround 300 px, warna Hitam ) untuk membuat bulatan seperti gambar.

urban effect 12

Klik Filter > pixelate > color halftone

urban effect 13

Klik Select > Color range

urban effect 14

sekarang terseleksi bagian dots nya kan ? nah untuk menghapus warna putihnya .. klik select > inverse .. lalu teken DELETE di keyboard. Tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi

urban effect 15

Klik 2x layer dots tadi untuk mengeluarkan blending options.. atau klik kanan > blending option ..

edit color overlay nya..

urban effect 16

duplikat layer dots tadi dengan menekan ctrl +J , kecilin atau besarin ukurannya.. buat beberapa buah Dots.

ubah warna nya dengan mengganti warna di blending option > color overlay

urban effect 17

hasilnya :

urban effect 18

Sekarang kita beri starburst

tutorial nya ada disini : Efek Starburst

tapi sekarang saya buat dengan manual aja ya..

Klik Pen Tool .. Jenis pen : Shape layer, warna putih

buat seperti contoh dibawah ya..

urban effect 19

ubah layer efek menjadi overlay lalu opacity dan fill sekitar 50%

urban effect 20

Buat layer baru di atas layer Shape 1 .. klik Layer > new > layer

sekarang kita bersenang-senang dengan brush yang tadi udah di install ..

Klik Brush tool .. klik kanan di area gambar nanti muncul brush option

klik jenis brush yang mau dipake : saya pake no 375 dan diameter 370 px

urban effect 21

klik di gambar sesuai kreatifitas masing-masing

urban effect 22

buat layer baru dan gunakan brush yang lain nya..

nanti ubah-ubah warna nya pake blending option > color overlay atau ubah layer effect nya jadi Overlay .. pokoknya semua terserah anda.. hehehe..

hasilnya :

urban effect 23

bisa juga diganti warna background nya..

urban effect 24

hasil dengan gambar lain :

efek urban

Selamat berkreasi deh ya.

Artikel Membuat Efek Urban dengan Adobe Photoshop ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Cara Membuat Foto manjadi Vektor,

Membuat Efek Retro Color

Pertama nya saya minta maaf ke temen-temen karena udah lama gak posting.. karena Bulan Januari ini sibuk banget kerjaan kantor.. hehehe.. halah alesan klise :p.. yang penting kan saya tetep posting.. ya gak ? .. banyak banget yang kirim email atau message di Facebook saya yang nanyain ” kapan update lagi tutorial photoshop nya ?” ada yang saya jawab emailnya dan ada juga yang gak sempet kejawab.. Insya Alloh sekarang mau rajin lagi deh update nya.. Terus terang selama gak update tutorial photoshop di IP (ilmuphotoshop-red) saya selalu ngerasa utang tutorial.. sekarang saya bayar ya utang nya .. Udah ah.. jangan terharu gitu dong.. :p .. sekarang waktunya duduk manis dan nyimak tutorial ini.. gak terlalu berat kok.. dan malah saya kategorikan ke tutorial dasar.

Sekarang saya pake Bunga Citra Lestari atau BCL sebagai model tepatnya Korban .. maaf yaa ibu BCL.. tadi saya udah Telp Bunga Citra Lestari katanya ”Ya udah gpp.. sekalian aja Obrak abrik muka saya !! Puass ! Puas !!” ( yang saya telp tadi Tukul apa BCL ya ? ) hehehe.. kidding..

Udah ah.. canda mulu.. Saya mau bikin Efek Retro Color atau warna Retro yang saya fikir cara bikinya susah.. ternyata setelah saya cari referensi ke Luar negeri ( Web bahasa inggris ) caranya gampang banget.. begini ceritanya..

Buka foto BCL ( foto Bunga Citra Lestari ) saya ambil fotonya dari kapanlagi.com

foto bunga citra lestari 1

Sebenernya foto BCL ini udah bagus banget.. tapi namanya juga uji coba.. yaa apa boleh buat dipake buat eksperimen..

Buat layer baru dengan mengklik tombol add new layer atau klik menu Layer > New > Layer

foto bunga citra lestari 2

Buat kotak seleksi dengan rectangle marquee tool .. setengah foto vertikal ya..

foto bunga citra lestari 3

Abis itu warnain dengan warna merah dengan paint bucket tool

foto bunga citra lestari 4

Klik Select > Inverse untuk membuat seleksi berpindah ke area yang belum kena seleksi.. ( Seleksi ke area sebaliknya ) lalu warnai dengan warna Hijau terang..

foto BCL 4

Matikan layer 1 dengan meng klik gambar mata di samping layer 1

foto BCL 4a

Sekarang pilih layer background. Klik Image > Adjustment > Match Color

foto BCL  5a

foto BCL 5

Klik Ok

Hasinya

foto BCL 6

pengen tau perbedaan sebelum dan sesudah ?

foto bunga citra lestari 7

Coba nanti di mainin yaa warna-warna nya.. Eksperimen aja.. kalo salah juga gak jadi masalah kan ? tinggal Undo aja.. hehehe..

Saya buat juga untuk foto Luna Maya sebagai contoh

Foto Luna Maya

saya juga bikin buat Foto Aura Kasih.

Foto Aura Kasih Retro

Gampang kan ?

Silahkan dicoba.. Photo Editing is FUN!

Artikel Memoles Foto Bunga Citra Lestari ( foto BCL ) dengan efek Retro Color ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Cara Membuat Foto manjadi Vektor,

Membuat Efek Grid

Kenal Tamara Bleszynski kan ? Saya sekarang pake Foto Tamara Bleszynski sebagai objek … karena saya kira ini bakalan cocok kalo menggunakan efek Grid ini.

Ini sebenernya efek sederhana saja.. tapi hasilnya bisa mengakibatkan foto jadi tambah elegan… menurut saya sih..Cara bikinnya simpel banget dan mudah banget..

Dengan tutorial ini saya harap photoshoper bisa ngerti cara gimana membuat suatu PATTERN. Pattern itu bukan artist.. artis nya tetep tamara Bleszynski.. hehehe.. jadi jangan salah..

Pattern itu suatu objek yang dibuat hanya dengan membuat gambar dasar nya aja dan sifatnya Kontinyu.. fungsinya untuk memFILL dokumen dengan bentuk yang kita inginkan.. hmm…pasti bingung .. untuk lebih jelasnya kita menuju Te..Ka.. Pe…

Buka foto Tamara Bleszynski sebagai objek penderita..( kalo mau download tinggal klik kanan aja > save file As )

tamara bleszynski

Sekarang kita belajar membuat pattern nya.. ( bentuk yang nanti bakal ditempel diatas foto Tamara Bleszynski)

buat dokumen baru ukuran kecil aja 10×10 pixel dengan resolusi 72 pixel / inch.. jangan lupa background nya transparan

pattern1

Zoom sebesar-besarnya.. pokoknya asal keliatan deh..

Buat garis tepi di kiri dan atas dengan menggunakan PENCIL TOOL..warna Hitam

pattern 2

Kalo udah klik Edit > Define Pattern

pattern 3

Tulis nama pattern nya.. saya beri nama default nya aja yaitu pattern 1.

pattern 4

Buka lagi foto Tamara Bleszynski..

Buat layer baru..dengan klik layer > new > layer .. atau klik tombol add new layer seperti yang ada di gambar

tamara bleszynski 1

Klik Edit > Fill .. pilih pattern yang tadi dibuat

tamara bleszynski 2

Hasilnya gini

tamara bleszynski 3

Ganti layer style nya menjadi Overlay

tamara bleszynski 4

Hasil akhirnya :

tamara bleszynski 5

keren kan ??

Sekarang coba ganti bentuk pattern nya..

saya coba pake yang berbentuk gini

tamara bleszynski 6

Hasilnya :

tamara bleszynski 7

Mau pattern yang keliatan 3D ?

gini bentuk pattern dasar nya

tamara bleszynski 8

Hasilnya :

tamara bleszynski 9

untuk yang lainnya silahkan coba-coba sendiri ya..

Selamat mencoba

Artikel Efek Grid pada Foto Tamara Bleszynski ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Cara Membuat Foto manjadi Vektor,